Resep Rendang Aceh

wiemasen.com – Ini resep rendang yang sering dibuat oleh ibuku. Bisa dibuat rendang daging atau rendang ikan tongkol. Yang pasti rasanya tidak sama dengan rendang Padang. Saya sertakan juga rekaman video di Youtube untuk memudahkan anda memahami cara membuatnya.

Rendang Daging/Ikan Tongkol

Bahan-Bahan

500 gram daging lembu atau ikan tongkol
1 sendok teh bumbu daging
1 sendok teh bumbu ikan
1 batang serai
1 helai daun pandan
1 helai daun kunyit
100 gram cabai merah, dihaluskan

Dihaluskan

4 buah cabai rawit
4 buah bawang merah
1 jari lengkuas, diiris
8 helai daun limau (jeruk nipis)

Cara Masak Rendang Ikan Tongkol

Kalau mau masak rendang ikan tongkol, bersihkan lendir di badan ikan tongkol dengan sebersih-bersihnya. Kalau tidak bersih, masakan kita akan berbau amis dan dijamin anda tidak sanggup makan setelah membuatnya. Setelah itu, buang tulangnya, lalu di direbus dengan air jeruk nipis yang dicampur garam secukupnya.

Campurkan bumbu yang sudah dihaluskan dengan cabai merah yang telah dihaluskan, bumbu daging dan bumbu ikan. Kalau mau pedas lagi, cabai rawit bisa ditambah lagi. Yang menjadi pertanyaan sekarang di mana bisa mendapatkan bumbu daging dan ikan?

Kalau di Aceh sih, tinggal pergi ke pasar. Cari bumbu daging dan ikan yang sudah digiling.  Bagaimana kalau di luar Aceh? Kalau di Jawa, saya tidak yakin ada yang menjualnya. Kalau di luar negeri, tinggal pergi ke warung (kedai runcit) punya orang Asia (India, Vietnam, dsb). Yang saya pakai sekarang ini adalah racikan ibu saya sendiri.

Ok, kembali ke resep kita semula, tambahkan daun pandan, serai, daun jeruk dan daut kunyit. Daun-daunan ini memang untuk pengharum. Ketika rendangnya sedang dimasak, harumnya akan menyebar ke seluruh dapur. Emm…memang betul-betul menaikkan selera. Itulah ciri khas makanan Aceh, penuh dengan rempah-rempah dan daun-daunan sebagai pengharum.

Masak bumbu campuran itu dengan santan hingga mendidih dan keluar rasa harumnya. Ingat ya sampai tercium harumnya.

Kemudian masukkan ikan yang sudah direbus tadi, dan masak sampai kental hingga airnya habis. Setelah itu, bisa dihidangkan segera. Anak-anak saya suka sekali dengan rendang ikan tongkol ini.

Ngomong-ngomong kalau nggak ada ikan tongkol, ikan tuna boleh juga. Mana tahu lebih sedap lagi.

Cara Masak Rendang Daging Sapi

Kalau untuk rendang daging, terlebih dahulu daging diaduk dengan air asam jawa, garam dan gula secukupnya. Lalu aduklah dengan cabai merah yang telah dihaluskan.

Tambahkan santan dari 1 kelapa ke dalam daging tersebut dan diaduk sampai rata. Berapa cc atau ml ya? Saya juga tidak terlalu tahu. Mungkin tergantung dari keencerannya juga. Satu lagi kalau anda pengidap kolestrol, jangan banyak-banyak pakai santan ya. Kata orang sebagai pengganti santan bisa digunakan susu cair. Benar nggak ya? Saya belum pernah nyoba.

Untuk membuat rasanya lebih enak dan harum, tambahkan bumbu daging dan bumbu ikan. Kemudian tambahkan daun pandan, serai, daun jeruk nipis (limau) dan daut kunyit. Campurkan dengan bumbu yang sudah dihaluskan. Masak hingga daging menjadi empuk.

Rendang ini makin sering dimasak ulang makin sedap rasanya. Selamat mencoba ya. Kalau tidak berhasil atau tidak enak, jangan salahkan saya ya :)

Artikel lainnya

Restoran Kandar Penang

 

Comments

comments

Share Button
(Visited 1,658 times, 1 visits today)