Aqidah

Membahas aqidah yang sahih menurut sunnah.

Bulan Islam

Pahami bagaimana bulan-bulan Islam itu ditentukan.

Ekonomi Islam

Belajar seluk-beluk perbankan Islam.

Politik

Politik dari sudut pandang Islam.

Fiqh

Berbagai macam jawaban fiqh.

Home » Fiqh

Softdrink Kencing Lembu

Submitted by on April 20, 2011 – 5:23 am6 Comments

Kalau disuruh minum kencing lembu mau tidak? Sudah jelas jawabannya tidak mau. Bagaimana kalau kencing lembu diproses untuk dijadikan minuman ringan (softdrink) seperti yang dibuat di India? Apa anda akan berubah pikiran? Jawabannya sekali lagi tetap tidak mau. Siapa yang mau minum kencing lembu yang najis itu, kan haram tuh? Betul! Jawaban anda betul kalau memakai pendapat dari mazhab Syafi’i. Bagaimana dengan mazhab-mazhab lain? Apakah mereka juga sepakat kalau kencing dan tahi sapi itu najis?

Sebelum dilanjutkan pembahasannya, harap diingat butir-butir berikut ini:

  1. Menurut Madzhab syafi’iy, air kencing lembu adalah najis dan Cola Gau Jal India itu haram di minum.
  2. Menurut Jumhur (mayoritas ulama), air kencing lembu adalah suci kerana ia kencing hewan yang dagingnya bisa dimakan.

Ulama fiqh (jumhur) telah memberikan beberapa panduan apabila berhadapan dengan kasus-kasus tersebut, yaitu:

1. Setiap benda yang najis, sudah pasti haram dimakan atau diminum. Contohnya adalah air kencing manusia.

2. Setiap benda yang haram dimakan atau diminum tidak seharusnya najis. Contohnya adalah alkohol.

3. Setiap binatang yang haram dagingnya, maka tahi dan air kencingnya juga adalah najis (jumhur). Contohnya adalah tahi atau air kencing kucing.

4. Setiap binatang yang halal dagingnya, maka tahi atau air kencingnya tidak najis (jumhur). Contohnya adalah tahi atau air kencing unta.

5. Setiap perkara yang tidak najis belum tentu bisa dimakan atau diminum, kerana ada unsur lain yang juga perlu diperhitungkan seperti kemudaratan dan kejijikan. Contohnya adalah lumpur di parit yang tidak najis, tetapi mungkin menimbulkan mudarat jika dimakan.

Begitu juga dalam hal minum air kencing lembu perlu diteliti dari sudut kemudaratan, kesehatan dan kejijikan tadi. Setelah penelitian tersebut dibuat oleh pakar-pakar kesehatan/perobatan, maka baru bisa dikeluarkan fatwa tentang air cola kencing lembu tersebut. Maksudnya, memang kalau mengikuti jumhur, air kencing lembu tidak najis. Tetapi dari sudut bisa tidaknya diminum, perlu penelitian dari pakar kesehatan karena kaedah yang kelima tersebut.

Bagaimana Dengan Air Kencing Unta, Apa Perlu Dibuat Penelitian Juga?

Dalam hal air kencing unta pula tidak perlu dibuat penelitian oleh ahli-ahli kesehatan, kerana ia adalah wahyu yang disampaikan oleh hadis yang sahih. Oleh karena itu kita harus yakin dengan sabda Baginda s.a.w., karena keyakinan itu adalah salah satu syarat kesempurnaan iman kita terhadap Nabi Muhammad saw.

Anas r.a. berkata:

“Orang-orang Okul dan U’rainah datang ke Madinah dan ditimpa sakit perut. Maka Nabi saw pun menyuruh mereka untuk mencari unta perahan supaya diminum kencing dan susunya”. (Hadith riwayat Ahmad, Bukhari dan Muslim)

Tahi Lembu India

Kembali lagi ke cerita orang Hindu India. Selain dijadikan minuman cola kencing lembu, mereka juga menjadikan tahi lembu untuk bahan bakar, sabun mandi, krim muka, dan odol gigi. Tahi lembu juga bisa dijadikan bahan untuk dinding rumah.

Eeitt…jangan salah sangka dulu bro. Saya bukan menyuruh anda minum kencing lembu atau pakai sabun tahi lembu. Saya pun kalau disuruh, tetap tidak mau. Ini hanya sekedar informasi saja.

Sumber:

Status hadith unta
India akan pasarkan Cola air kencing lembu!
Najis – binatang yang halal dimakan

Tags:

6 Comments »

  • TENGKU MUDA says:

    berart harus di ubah pribahasanya :

    “Kalau cinta sudah melekat…tahi lembu jadi obat” he..hee..hee

  • wiemasen says:

    Betul…betul…betul…, pribahasa yang bagus tuh :)

  • koetaradja says:

    Meminum air seni memang bukan barang baru lagi, walaupun ada yang mengatakan berkhasiat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Tapi dalam disiplin ilmu kesehatan tidak menyatakan demikian. Dalam suatu film malah ada yang nekat menenggak mani kuda ! :D

    [wiemasen] Bagaimana dengan kata Nabi SAW dalam sebuah hadith sahih yang menyuruh minum kencing unta dengan susu unta? Mungkin kalau minum kencing unta saja tidak ada khasiatnya. Tapi kalau dicampur, mungkin ada khasiatnya. Ini bisa dijadikan topik penelitian Phd nih :)

  • jack says:

    Orang India yang aneh, kan ada yang lebih bermanfaat untuk diminum, misalnya air susunya, lah ini koq malah air seninya. Apa disana susah dapat air minum ya

  • Aulia says:

    benar-benar mencegah global warming tuh

  • wiemasen says:

    Jack, di Indiaa lembu dianggap makhluk suci. Semua yang keluar dari lembu memberi berkat kepada orang Hindu. Itu kata mereka. Makanya lembu disana haram dibunuh dan berkeliaran dengan bebas di jalan-jalan sambil membuang kotorannya dimana-mana. Sepertinya hal yang sama bisa dijumpai di daerah Pidie, dimana lembu-lembu turut mengaspal jalan dengan tahi-tahinya :)

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.